Cikarsya Production :
Home » » Jokowi Bikin Sejarah Baru di Yogya

Jokowi Bikin Sejarah Baru di Yogya

Written By Provider Wisata on Senin, 04 Mei 2015 | 03.34

'Jokowi Bikin Sejarah Baru di Yogya'

Rista Rama Dhany - detikfinance
Senin, 04/05/2015 15:40 WIB
Jokowi Bikin Sejarah Baru di Yogya

Yogyakarta -Dalam 6 bulan pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuat sejarah baru, yaitu pembangunan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) terbesar di Indonesia, yang bertenaga angin.

Ibarat di negara maju, Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta akan dihiasi dengan 30 kincir angin 'raksasa' untuk membangkitkan PLTB berkapasitas 50 megawatt (MW).

"Kita mau bangun sejarah, 350 tahun kita dijajah Belanda tanpa satu pun kincir angin dibangun. Kita ingin buat sejarah di Yogya, 70 tahun Indonesia merdeka kita sudah punya kincir angin untuk listrik 50 MW," kata Menteri ESDM, Sudirman Said saat peresmian sejumlah proyek listrik oleh Presiden Jokowi di Pantai Samas, Bantul, Yogyakarta, Senin (4/5/2015).

Proyek PLTB ini ditargetkan rampung pada 2018 dan menelan biaya sekitar Rp 2 triliun. Perusahaan yang membangun adalah UPC Renewables Indonesia.

Menurut Sudirman, bila sudah selesai, PLTB 50 MW ini pemandangannya sangat indah, karena seperti 'perkebunan angin'.

"Ini bisa jadi obyek wisata juga, di bawah turbin nanti juga akan ada perkebunan yang hijau, karena PLTB tidak merusak lingkungan, karena hanya memanfaatkan sumber anginnya saja," kata Sudirman.

Pemerintah memang mendorong penggunaan listrik dengan energi baru terbarukan, seperti panas bumi, angin, biomassa, dan lainnya.

"Karena energi fosil suatu saat akan habis. Sehingga memilih energi baru terbarukan bukan keharusan, tapi harus kita lakukan bersama-sama," jelas Sudirman.(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Internet - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger