Cikarsya Production :
Home » » Pembangunan Tol Laut di Timika

Pembangunan Tol Laut di Timika

Written By Provider Wisata on Senin, 11 Mei 2015 | 23.10

Tokoh Papua Dukung Pembangunan Tol Laut di Timika
 
Rimanews - Tokoh masyarakat Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Athanasius Allo Rafra mendukung penuh rencana pemerintah untuk menjadikan Timika sebagai salah satu kawasan pembangunan tol laut di wilayah selatan Papua.

"Sangat tepat kalau pemerintah merencanakan membangun tol laut di Timika mengingat Timika merupakan salah satu akses atau pintu masuk utama ke wilayah pedalaman Papua. Akan sangat sulit kalau mengharapkan pengiriman semua barang kebutuhan pokok masyarakat di pedalaman Papua hanya melalui Sorong di Provinsi Papua Barat," kata Allo Rafra kepada Antara di Timika, Minggu (10/05/2015).
Allo mengatakan hingga kini sekitar delapan kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua mengharapkan pasokan berbagai barang kebutuhan pokok masyarakatnya melalui pintu Pelabuhan Paumako, Timika.
Jika status Pelabuhan Paumako nantinya ditingkatkan menjadi salah satu pintu tol laut, maka secara otomatis akan memperlancar arus mobilitas barang kebutuhan pokok masyarakat dari luar Papua ke wilayah pedalaman Papua.
Jika transportasi pengangkutan barang kebutuhan pokok masyarakat semakin lancar, maka harga barang kebutuhan pokok masyarakat di wilayah pedalaman Papua dengan sendirinya akan turun drastis.
"Kalau tol laut sudah dibangun sampai di Provinsi Maluku maka tembusannya ke Papua lebih dekat melalui Timika hingga Merauke," tutur Allo Rafra yang pernah menjabat Caretaker Bupati Kabupaten Mappi dan Caretaker Bupati Kabupaten Mimika itu.
Ia berharap Pemkab Mimika serius untuk mempersiapkan berbagai infrastruktur pendukung agar rencana menjadikan Pelabuhan Paumako Timika sebagai salah satu kawasan pengembangan tol laut bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat.
Dalam kunjungan kerja ke Jayapura, Sabtu (9/5), Presiden Joko Widodo berjanji akan mempertimbangkan permintaan Pemprov Papua untuk membangun tol laut di Timika.
"Nanti dilihat (dipertimbangkan)," ujar Presiden Jokowi usai meletakkan batu pertama pembangunan Jembatan Hamadi-Holtekam.
Beberapa bulan ke depan, kata presiden, sudah akan ada tol laut yang diresmikan, salah satunya ada di Sorong, Papua Barat.
"Nanti Agustus-September, terutama yang akan dimulai yang besar ada di Sorong, itu 7.000 hektare untuk pelabuhan, sentra power plan, dan kawasan industri. Kalau tidak Agustus atau September ini sudah bisa jalan, tapi sudah dalam perencanaan," ujarnya.
Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Indroyono Soesilo menyatakan, pihaknya bisa menampung semua permintaan, namun kini yang dikerjakan baru program yang telah ditetapkan, dalam hal ini pembangunan pelabuhan Sorong sebagai salah satu pintu Tol Laut dari lima tol laut yang ada di Indonesia.
Sedangkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musa`ad mengutarakan jika Pemprov Papua berkeinginan agar pembangunan tol laut juga bisa sampai ke Papua, dan ada dua titik lokasi yang dijadikan pilihan, yaitu Pelabuhan Paumako Timika dan Pelabuhan Depapre, Kabupaten Jayapura.
KATA KUNCI : - Tol Laut , pembangunan tol , Ekonomi
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Internet - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger