Cikarsya Production :
Home » » Proyek Bandara 'Diamond'

Proyek Bandara 'Diamond'

Written By Provider Wisata on Minggu, 17 Mei 2015 | 23.23

JK Akan Resmikan Proyek Bandara 'Diamond' 

di Kalimantan Selatan

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Senin, 18/05/2015 07:54 WIB
 
JK Akan Resmikan Proyek Bandara Diamond di Kalimantan Selatan  
Gambar Diamond Airport
 
Banjarbaru -Sore hari nanti, Wakil Presiden Jusuf Kalla akan meresmikan dimulainya pengembangan Bandara Internasional Syamsuddin Noor, di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. PT Angkasa Pura I (AP I) selaku pengelola bandara, akan merenovasi total alias membangun baru terminal kedatangan dan keberangkatan penumpang.

"Nanti siang jam 15.00, Pak JK akan meresmikan pembangunan Terminal Bandara Syamsuddin Noor," kata Corporate Secretary AP I, Farid Indra, di Banjarbaru, Senin (18/5/2015).

Selain JK, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dijadwalkan ikut menyaksikan groundbreaking pengembangan Bandara Syamsuddin Noor.

Pada pengembangan terminal penumpang nanti, AP I merancang konsep bandara unik yakni mengadopsi 'Diamond Airport'.

Diamond atau perhiasan di sini bukan berarti menghiasi atau menempelkan seluruh bangunan dengan batu mulia yang terkenal mahal tersebut, melainkan mengadopsi bentuk permata.

Konsep diamond diadopsim karena mewakili wajah salah satu kota di Kalimantan Selatan, yakni Kota Martapura sebagai daerah penghasil intan hingga batu cincin. AP I juga ingin menyerap budaya masyarakat di pulau Borneo. Wajah Borneo nantinya akan terpancar saat 'Diamond Airport' tersebut mulai beroperasi.

Proses konstruksi direncanakan membutuhkan waktu 2 hingga 3 tahun. Untuk pembangunan Diamond Airport tersebut, AP I mengguyur investasi Rp 2,3 triliun. Dana ini dipakai untuk membangun terminal baru, memperluas apron dan infrastruktur penunjang.

AP I tetap mempertahankan runway, taxiway, hingga apron lama. Sementara terminal akan dipugar total karena digantikan oleh yang baru.

Luas Bandara 'Diamond' ini dirancang 90.000 meter persegi, sedangkan luas terminal saat ini adalah 9.043 meter persegi. Daya tampung penumpang (ultimate) mencapai 12 juta orang per tahun.(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Internet - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger